Orang yang pesimis hanya melihat kesulitan di dalam setiap kesempatan,
tetapi orang yang optimis melihat kesempatan di dalam setiap kesulitan.
Pahamilah bahwa Anda perlu menjual diri dan gagasan Anda agar
mendapatkan peningkatan dalam karir, mendapatkan lebih banyak rasa
hormat, pengaruh dan pendapatan.
Rencana Satuan Layanan Bimbingan Konseling Bidang Karir.
Paket I. Pemahaman Diri.
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Sekolah
|
SMK Negeri 1 Metro
|
|
Kelas/ Program
|
XI/
Akutansi
|
|
Tahun
|
2012
|
|
Tugas Perkembangan 5
|
Mencapai
kematangan dalam pilihan karir.
|
|
Rumusan Kompetensi
|
1. Mempelajari
keunikan diri dalam konteks kehidupan sosial.
2. Menerima
keunikan diri dengan segala kelebihan dan kekuranganya.
3. Menampilkan
keunikan diri secara harmonis dalam keragaman.
|
|
Standar Kompetensi
|
Mengetahui
tentang potensi, bakat, dan minat siswa.
|
|
Kompetensi Dasar
|
Pemahaman
diri tentang bakat, minat dan sita-cita siswa.
|
|
Indikator
|
Agar
siswa dapat mengetahui dan memahami keadaan dan potensi yang ada dalam
dirinya.
|
|
A.
|
Topik
permasalahan
|
Pemahaman Diri
|
B.
|
Bidang Bimbingan
|
Pribadi, Karir
|
C.
|
Jenis Layanan
|
Informasi
|
D.
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman dan
pengembangan
|
E.
|
Tujuan Layanan
|
1. Siswa
dapat mengetahui kemampuan, bakat, minat yang dimiliki.
2. Mengetahui
kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri siswa.
3. Merealisasikan
rencana masa depan.
|
F.
|
Sasaran Layanan
|
Siswa kelas XI
Akutansi 2
|
G.
|
Uraian Kegiatan
a. Strategi
Penyajian
b. Materi
|
.
Klasikal,
diskusi, tanya jawab
Pemahaman diri adalah pengenalan secara mendalam atas
potensi-potensi diri individu yang mencakup ranah minat,bakat dan
cita-citanya. Pemahaman ini bertujuan agar siswa mampu
mengeksplorasi potensi diri mereka untuk merealisasikan cita-citanya di masa
depan.
|
H.
|
Tempat
Penyelenggaraan
|
Ruang Kelas
|
I.
|
Waktu
|
2 x45 menit
|
J.
|
Penyelenggara Layanan
|
Budi Suwito
|
K.
|
Setting dan Pengalaman Belajar
a. Guru
BK
b. Siswa
|
1. Pendahuluan
a) Mengucapkan salam, menanyakan
kabar
b) Memberikan apersepsi.
c) Mengabsen siswa.
d) Menyampaikan tujuan pemberian
layanan.
2. Kegiatan
Inti
a)
Menyampaikan
atau menjelaskan materi layanan.
b)
Tanya
jawab tentang materi yang telah disampaikan.
3. Penutup
a) Memberi penguatan kepada siswa.
b) Memberikan tugas kepada siswa
untuk memberi kesimpulan tentang materi yang sudah diberikan kemudian barulah
disimpulkan secara bersama-sama.
c) Berdoa dan mengucapkan salam.
1)
Memperhatikan
materi yang disampaikan.
2)
Bertanya dan
menjawab pertanyaan.
3)
Mengerjakan
tugas.
|
L.
|
Pihak Yang Disertakan
|
-
|
M.
|
Alat dan Perlengkapan
|
1) Sepidol
2) Materi
layanan
|
N.
|
Rencana Penilaian
|
|
O.
|
a. Penilaian
Proses
b. Penilaian
Hasil
|
1) Mengamati
aktifitas siswa dan partisipasi siswa dalam kegiatan layanan bimbingan.
2) Menganalisis
perkembangan peserta didik setelah pemberian layanan dari waktu ke waktu.
Menganalisis
perkembangan peserta didik setelah pemberian layanan dari waktu ke waktu.
|
P.
|
Keterkaitan
layanan dengan kegiatan pendukung
|
IKMS, Buku Pribadi Siswa
|
Q.
|
Rencana Tindak Lanjut
|
Konseling
indifidu, Bimbingan Kelompok
|
Metro, Oktober 2012
Mengetahui
Peneliti Observer
1
Budi
Suwito Suharman
hadi
NPM.09130536 NPM.09130566
Guru
Pembimbing
Drs.
Siswantoro
NIP.19621005
199202 100 1
Materi Layanan
Pemahaman diri
Menurut Hartono (2010: 209)
pemahaman diri adalah pengenalan secara mendalam atas potensi-potensi diri
individu yang mencakup ranah minat, abilitas, kepribadian, nilai dan sikap yang
mana pengenalan atas pribadinya baik keunggulan dan kekurangannya sendiri.
Kekuatan merupakan seperangkat kemampuan yang dimiliki individu baik yang
bersifat potensial maupun aktual. Kekuatan menggambarkan keunggulan, kehebatan
pribadi individu, sedangkan kekurangan menggambarkan sejumlah keterbatasan
ketidak mampuan yang menjadi hambatan sindividu dalam meraih cita-cita.
Pemahaman diri adalah suatu cara untuk memahami,
menaksir karakteristik, potensi dan atau masalah (gangguan) yang ada pada
individu atau sekelompok individu.
A. Tujuan pemahaman diri
bagi siswa adalah:
1. Mampu mengeksplorasi
potensi diri mereka yang mencakup: minat, bakat, dan cita-cita sehingga
individu dapat merencanakan karier yang sesuai dengan potensi diri.
2. Siswa bisa
mempersiapkan diri dengan baik dalam memasuki dunia kerja. Dengan persiapan
yang matang individu dapat mencapai kesuksesan dalam berkarier.
3. Siswa mencapai
kematangan dalam perkembangan karier
4. Siswa mampu
mengambil keputusan karier secara mandiri.
B. Ciri-ciri
mamahami diri sendiri:
1. Percaya
diri, Suatu
keyakinan seseorang terhadap segala aspek kelebihan yang dimilikinya dan
keyakinan tersebut membuatnya merasa mampu untuk bisa mencapai berbagai tujuan
di dalam hidupnya. Misalnya Selalu bersikap tenang, Mempunyai potensi dan
kemampuan yang memadai, Mampu menyesuaikan diri dan berkomunikasi.
2.
Befikir positif, misalnya berpikir
terbuka untuk menerima saran dan ide, maninggalkan pikiran negatif, mensyukuri apa yang dimilikinya, bukan
berkeluh kesah, peduli pada citra diri sendiri.
3.
Memiliki kebiasaan yang efektif, misalnya menjadi
proaktif, mempunyai tujuan, mendahulukan yang utama, melakukan evaluasi.
C. Faktor-faktor yang
Mempengaruhi Pemahaman Diri Siswa
Di pengaruhi oleh faktor internal dan faktor
eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam indifidu,
yaitu bakat, minat dan cita-cita. Dan faktor eksternal yang berasal dari luar
indifidu, antara lain, lingkungan sekitar rumah, lingkungan keluarga, teman
sebaya, dan sekolah.
Bakat adalah sebuah talenta dari Tuhan yang diberikan
kepada kita untuk mengembangkan diri. Bakat itu sendiri berupa pola pikir,
kepandaian atau kemampuan yang kita miliki sejak lahir. Walaupun kita memiliki
talenta, jika kita tidak berusaha untuk membukanya maka talenta yang diberikan
Tuhan akan menjadi sia-sia. Jadi usaha dan talenta adalah jalan untuk sukses
bagi seseorang didalam kehidupanya.
Minat menurut Hurlock (1993) adalah sumber motivasi
yang mendorong seseorang untuk melakukan apa yang ingin dilakukan ketika bebas
memilih. Ketika seseorang menilai bahwa sesuatu akan bermanfaat, maka akan
menjadi berminat, kemudian hal tersebut akan mendatangkan kepuasan.
Cita-cita...sejak kecil kita sering mendengar
kata-kata tersebut. Saat kecil para orang tua ataupun guru sering sekali
menanyakan seperti ini “apa cita-cita kamu Budi?” dan kita sewaktu kita kecil selalu
menjawab pertanyaan tersebut menurut gambaran kita saja..” saya ingin menjadi
polisi!” kita dapat menjawab polisi karena pada saat itu kita melihat seorang
polisi adalah sosok yang gagah, berwibawa, dan memakai seragam yang keren..dan
jawaban tersebut biasanya hanya sementara, karena jika kita bertemu dengan
seorang dokter dan melihat kegiatanya seperti apa pasti cita-cita itupun akan
berubah, dari polisi menjadi dokter.
Anda hari ini adalah cerminan anda 5 tahun mendatang.
Dan semuanya dapat dipengaruhi oleh tiga faktor, siapa sahabat anda hari ini,
apa yang anda baca, dan apa yang anda tonton hari ini.
Bertekadlah untuk berlelah-lelah selagi muda untuk
terus belajar, bekerja dan memperbanyak silaturahim. Karena jika tidak hari
ini, maka suatu saat nanti kondisilah yang menuntut kita untuk berlelah-lelah
belajar dann bekerja. Selagi masih ada waktu, selagi otak masih mudah menyerap
ilmu, tubuh masih kuat untuk memikul beban serta tangan yang masih dapat
bekerja maka optimalkan semuanya untuk menuntut ilmu, berkarya dan berusaha.
Cita –cita dan keadaan diri
Contoh :
Andi
ingin sekali menjadi AKABRI , ia merasa mampu dalam bidang akademisnya , tetapi
setelah tes ternyata idak diterima sebab Faktor dalam Diri, tulang belakangnya
sedikit bengkok dan penggugup.
Dari contoh diatas siswa harus melihat dan menyatakan Faktor penghambat diri siswa jika dihubungkan dengan
cita-cita yang telahh ditulis. Uraikanlah dalam format dibawah ini tentang diri siswa dan syarat-syarat
pencapaian cita-cita siswa.
Cita-cita
keadaan diri
Berilah tanda (v) pada salah suatu
keadaan diri siswa yang berhubungan dengan
pencapaian cita-cita siswa.
Cita-cita
1
|
Syarat-syarat
|
|||
Keadaan diri
|
Sangat
menunjang
|
Menunjang
|
Kurang
menunjang
|
Tidak
menunjang
|
1)
Bakat
|
|
|
|
|
2)
Minat
|
|
|
|
|
3)
Keadaan physic
|
|
|
|
|
4)
Kemampuan/keterampilan
|
|
|
|
|
5)
Keadaan sosial/ ekonomi
|
|
|
|
|
6)
Pandangan diri terhadap
jenis-jenis pekerjaan
|
|
|
|
|
7)
Sikap
|
|
|
|
|
8)
Keinginan orang tua
|
|
|
|
|
Faktor apa yang siswa anggap sebagai penghambat
utama?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Apakah
bakatmu?
..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................
Apakah
Minatmu?
..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................
Apakah cita-citamu?
..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar