BK Peduli Siswa

BK SAHABAT SISWA

Satuan Layanan BK Karir Paket pemahaman diri



Orang yang pesimis hanya melihat kesulitan di dalam setiap kesempatan, tetapi orang yang optimis melihat kesempatan di dalam setiap kesulitan.
Pahamilah bahwa Anda perlu menjual diri dan gagasan Anda agar mendapatkan peningkatan dalam karir, mendapatkan lebih banyak rasa hormat, pengaruh dan pendapatan.
Rencana Satuan Layanan Bimbingan Konseling Bidang Karir.
Paket I. Pemahaman Diri.

SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

Sekolah
SMK Negeri 1 Metro
Kelas/ Program
XI/ Akutansi
Tahun
2012
Tugas Perkembangan 5
Mencapai kematangan dalam pilihan karir.
Rumusan Kompetensi
1.   Mempelajari keunikan diri dalam konteks kehidupan sosial.
2.   Menerima keunikan diri dengan segala kelebihan dan kekuranganya.
3.   Menampilkan keunikan diri secara harmonis dalam keragaman.
Standar Kompetensi
Mengetahui tentang potensi, bakat, dan minat siswa.
Kompetensi Dasar
Pemahaman diri tentang bakat, minat dan sita-cita siswa.
Indikator
Agar siswa dapat mengetahui dan memahami keadaan dan potensi yang ada dalam dirinya.
A.     
Topik permasalahan
  Pemahaman Diri
B.      
Bidang Bimbingan
Pribadi, Karir
C.      
Jenis Layanan
Informasi
D.     
Fungsi Layanan
Pemahaman dan pengembangan
E.      
Tujuan Layanan
1.     Siswa dapat mengetahui kemampuan, bakat, minat yang dimiliki.
2.     Mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri siswa.
3.     Merealisasikan rencana masa depan.
F.       
Sasaran Layanan
Siswa kelas XI Akutansi 2
G.     
Uraian Kegiatan
a.     Strategi Penyajian
b.     Materi
.
Klasikal, diskusi, tanya jawab
Pemahaman diri adalah pengenalan secara mendalam atas potensi-potensi diri individu yang mencakup ranah minat,bakat dan cita-citanya. Pemahaman ini bertujuan agar siswa mampu mengeksplorasi potensi diri mereka untuk merealisasikan cita-citanya di masa depan.
H.     
Tempat Penyelenggaraan
Ruang Kelas
I.        
Waktu
2 x45 menit
J.        
Penyelenggara Layanan
Budi Suwito
K.     
Setting dan Pengalaman Belajar
a.    Guru BK


















b.    Siswa

1.    Pendahuluan
a)      Mengucapkan salam, menanyakan kabar
b)      Memberikan apersepsi.
c)      Mengabsen siswa.
d)     Menyampaikan tujuan pemberian layanan.

2.    Kegiatan Inti
a)         Menyampaikan atau menjelaskan materi layanan.
b)        Tanya jawab tentang materi yang telah disampaikan.
3.    Penutup
a)      Memberi penguatan kepada siswa.
b)      Memberikan tugas kepada siswa untuk memberi kesimpulan tentang materi yang sudah diberikan kemudian barulah disimpulkan secara bersama-sama.
c)      Berdoa dan mengucapkan salam.
1)   Memperhatikan materi yang disampaikan.
2)   Bertanya dan menjawab pertanyaan.
3)   Mengerjakan tugas.
L.      
Pihak Yang Disertakan
-
M.    
Alat dan Perlengkapan
1)   Sepidol
2)   Materi layanan
N.     
Rencana Penilaian

O.     
a.    Penilaian Proses




b.    Penilaian Hasil
1)  Mengamati aktifitas siswa dan partisipasi siswa dalam kegiatan layanan bimbingan.
2)  Menganalisis perkembangan peserta didik setelah pemberian layanan dari waktu ke waktu.
Menganalisis perkembangan peserta didik setelah pemberian layanan dari waktu ke waktu.
P.       
Keterkaitan layanan dengan kegiatan pendukung
IKMS, Buku Pribadi Siswa
Q.     
Rencana Tindak Lanjut
Konseling indifidu, Bimbingan Kelompok

Metro,    Oktober 2012
Mengetahui
Peneliti                                                                        Observer 1



Budi Suwito                                                              Suharman hadi
NPM.09130536                                                         NPM.09130566                                                                                  
                                                Guru Pembimbing

                                               

                                                Drs. Siswantoro
                                                            NIP.19621005 199202 100 1












Materi Layanan
Pemahaman diri
Menurut Hartono (2010: 209) pemahaman diri adalah pengenalan secara mendalam atas potensi-potensi diri individu yang mencakup ranah minat, abilitas, kepribadian, nilai dan sikap yang mana pengenalan atas pribadinya baik keunggulan dan kekurangannya sendiri. Kekuatan merupakan seperangkat kemampuan yang dimiliki individu baik yang bersifat potensial maupun aktual. Kekuatan menggambarkan keunggulan, kehebatan pribadi individu, sedangkan kekurangan menggambarkan sejumlah keterbatasan ketidak mampuan yang menjadi hambatan sindividu dalam meraih cita-cita.
Pemahaman diri adalah suatu cara untuk memahami, menaksir karakteristik, potensi dan atau masalah (gangguan) yang ada pada individu atau sekelompok individu.

A.  Tujuan pemahaman diri bagi siswa adalah:
1.    Mampu mengeksplorasi potensi diri mereka yang mencakup: minat, bakat, dan cita-cita sehingga individu dapat merencanakan karier yang sesuai dengan potensi diri.
2.    Siswa bisa mempersiapkan diri dengan baik dalam memasuki dunia kerja. Dengan persiapan yang matang individu dapat mencapai kesuksesan dalam berkarier.
3.    Siswa mencapai kematangan dalam perkembangan karier
4.    Siswa mampu mengambil keputusan karier secara mandiri.

B.  Ciri-ciri mamahami diri sendiri:
1.    Percaya diri, Suatu keyakinan seseorang terhadap segala aspek kelebihan yang dimilikinya dan keyakinan tersebut membuatnya merasa mampu untuk bisa mencapai berbagai tujuan di dalam hidupnya. Misalnya Selalu bersikap tenang, Mempunyai potensi dan kemampuan yang memadai, Mampu menyesuaikan diri dan berkomunikasi.
2.    Befikir positif, misalnya berpikir terbuka untuk menerima saran dan ide, maninggalkan pikiran negatif,  mensyukuri apa yang dimilikinya, bukan berkeluh kesah, peduli pada citra diri sendiri.
3.    Memiliki kebiasaan yang efektif, misalnya menjadi proaktif, mempunyai tujuan, mendahulukan yang utama, melakukan evaluasi.


C.  Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemahaman Diri Siswa
Di pengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam indifidu, yaitu bakat, minat dan cita-cita. Dan faktor eksternal yang berasal dari luar indifidu, antara lain, lingkungan sekitar rumah, lingkungan keluarga, teman sebaya, dan sekolah.
Bakat adalah sebuah talenta dari Tuhan yang diberikan kepada kita untuk mengembangkan diri. Bakat itu sendiri berupa pola pikir, kepandaian atau kemampuan yang kita miliki sejak lahir. Walaupun kita memiliki talenta, jika kita tidak berusaha untuk membukanya maka talenta yang diberikan Tuhan akan menjadi sia-sia. Jadi usaha dan talenta adalah jalan untuk sukses bagi seseorang didalam kehidupanya.
Minat menurut Hurlock (1993) adalah sumber motivasi yang mendorong seseorang untuk melakukan apa yang ingin dilakukan ketika bebas memilih. Ketika seseorang menilai bahwa sesuatu akan bermanfaat, maka akan menjadi berminat, kemudian hal tersebut akan mendatangkan kepuasan.
Cita-cita...sejak kecil kita sering mendengar kata-kata tersebut. Saat kecil para orang tua ataupun guru sering sekali menanyakan seperti ini “apa cita-cita kamu Budi?” dan kita sewaktu kita kecil selalu menjawab pertanyaan tersebut menurut gambaran kita saja..” saya ingin menjadi polisi!” kita dapat menjawab polisi karena pada saat itu kita melihat seorang polisi adalah sosok yang gagah, berwibawa, dan memakai seragam yang keren..dan jawaban tersebut biasanya hanya sementara, karena jika kita bertemu dengan seorang dokter dan melihat kegiatanya seperti apa pasti cita-cita itupun akan berubah, dari polisi menjadi dokter.
Anda hari ini adalah cerminan anda 5 tahun mendatang. Dan semuanya dapat dipengaruhi oleh tiga faktor, siapa sahabat anda hari ini, apa yang anda baca, dan apa yang anda tonton hari ini.
Bertekadlah untuk berlelah-lelah selagi muda untuk terus belajar, bekerja dan memperbanyak silaturahim. Karena jika tidak hari ini, maka suatu saat nanti kondisilah yang menuntut kita untuk berlelah-lelah belajar dann bekerja. Selagi masih ada waktu, selagi otak masih mudah menyerap ilmu, tubuh masih kuat untuk memikul beban serta tangan yang masih dapat bekerja maka optimalkan semuanya untuk menuntut ilmu, berkarya dan berusaha.

Cita –cita dan keadaan diri

Contoh :
Andi ingin sekali menjadi AKABRI , ia merasa mampu dalam bidang akademisnya , tetapi setelah tes ternyata idak diterima sebab Faktor dalam Diri, tulang belakangnya sedikit bengkok dan penggugup.

Dari contoh diatas  siswa harus melihat  dan menyatakan Faktor  penghambat diri siswa jika dihubungkan dengan cita-cita yang telahh ditulis. Uraikanlah dalam format dibawah ini  tentang diri siswa dan syarat-syarat pencapaian cita-cita siswa.
Cita-cita keadaan diri
Berilah tanda (v) pada salah suatu keadaan diri siswa  yang berhubungan dengan pencapaian cita-cita siswa.

Cita-cita 1
Syarat-syarat

Keadaan diri

Sangat menunjang
Menunjang
Kurang menunjang
Tidak
menunjang
1)      Bakat




2)      Minat




3)      Keadaan physic




4)      Kemampuan/keterampilan




5)      Keadaan sosial/ ekonomi




6)      Pandangan diri terhadap jenis-jenis pekerjaan




7)      Sikap




8)      Keinginan orang tua





            Faktor  apa yang siswa anggap sebagai penghambat utama?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
            Apakah bakatmu?
            ..........................................................................................................................................
            ..........................................................................................................................................
            Apakah Minatmu?
..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................
Apakah cita-citamu?
..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................

Tidak ada komentar: