BK Peduli Siswa

BK SAHABAT SISWA

PMR SMA NEGERI 1 WAY TENONG

Organisasi Usaha Kesehatan Sekolah dan Palang Merah Remaja (UKS/PMR) merupakan salah satu organisasi ekstra yang membidangi masalah kesehatan di sekolah. UKS/PMR merupakan organisasi yang diharapkan mampu memberikan pelayanan (pertolongan), penyuluhan serta teladan bagi siswa  berkaitan dengan kesehatan baik jasmani maupun lingkungan sekolah.
Secara struktural, organisasi UKS/PMR merupakan salah satu cabang (UPT) OSIS di bidang kesehatan.  Sehingga peran UKS/PMR menjadi sangat penting dalam kaitannya dengan penciptaan lingkungan sosial dan fisik sekolah yang sehat.
Palang Merah Remaja merupakan sebuah wadah pembinaan generasi muda yang nantinya dipersiapkan menjadi kader-kader/ tenaga sukarela yang memiliki keterampilan dibidang kepalang merahan dan menjadi kader Palang Merah Indonesia. Kegiatan UKS-PMR di SMA Negeri 1 Way Tenong yaitu:
Rutinitas Pelatihan PMR,
Piket UKS,
Tim Kesehatan Upacara Bendera,
Latihan Gabungan,
Lomba Kelas Bersih dan rapi,
Lomba Mading,
Heking dan Outbond,
Pengukuhan dan Pelantikan (Pembagian badge),
Pelatihan Dasar Menejemen Kepemimipinan UKS-PMR Wira,
Gempita Bulan Bahasa dan Kesehatan (Kerjasama UKS-PMR dan OSIS),
Pelatihan Kewirausahaan dan Menejemen Pengelolaan Sampah Organik dan Sampah Anorganik,
Pelatihan tanggap siap bencana,
Dapur Umum.
Keterampilan yang harus dimilili oleh anggota PMR meliputi keterampilan pertolongan pertama pada kecelakaan, keterampilan membuat tandu darurat, keterampilan dalam perawatan keluarga, ketrampilan dapur umum dan keterampilan dalam menghadapi bencana.

Setiap anggota PMR harus mengamalkan TRI BAKTI PMR dalam melaksanakan tugasnya dan tanpa membeda-bedakan suku, agama dan RAS.
TRI BAKTI PMR
1. Meningkatkan Keterampilan Hidup Sehat.


2. Berkarya dan Berbakti Di Masyarakat.


3. Mempererat Persahabatan Nasional dan Internasional.



Motto PMR SMA Negeri 1 Way Tenong “Melangkah Bersama Untuk Menolong Sesama”.

Tidak ada komentar: