HASIL LAPORAN
KUNJUNGAN KERJA LAPANGAN di SMA 2 MUHAMMADIYAH
Dilihat dari aspek penyusunan program:
1. Program apakah yang ada di dalam BK SMA Muhammadiyah 2 ?
2. Bagaimana prosesnya?
3. Apakah pelaksanaan BK hingga saat ini sudah sesuai dengan program yang telah disusun oleh coordinator BK?
4. Dukungan apa yang diberikan pihak sekolah dalam pelaksanaan program BK?
5. Hambatan apa yang dialami dalam pencapaian program BK?
Dilihat dari aspek indikator:
1. Teknik apakah yang digunakan dalam rangka mengungkap dan membantu menyelesaikan masalah siswa?
2. Hambatan apa saja yang biasanya ditemui dalam rangka membantu menyelesaikan masalah?
3. Kerjasama dalam bentuk apakah personil pelaksanaan BK dalam rangka membimbing dan membantu menyelesaikan masalah siswa?
4. Dengan pihak mana sajakah personil pelaksanaan BK bekerjasaman? Kerjasama dengan ISMUBA, kerjasama dengan kurikulum ketika siswa ada jam kosong, universitas yang ada
Aspek Evaluasi
1. Bagaimanakah hasil akhir dalam pelaksanaan BK, apakah sudah sesuai dengan program yang disusun atau malah sebaliknya?
HASIL LAPORAN
SMA Muhammadiyah 2 Jogja
Di SMA Muhammadiyah 2 Jogja memiliki program yang telah disusun serta direncanakan menurut kebutuhan siswa-siswi SMA Muhammadiyah 2 Jogja adalah:
- Program tahunan yang disusun oleh coordinator BK
- Program semester yang disusun oleh guru-guru pembimbing
- Program tahunan yang merupakan jabatan dari program semester, serta ditentukan layanan apa yang akan digunakan setiap bulannya
- Program mingguan yang merupakan jabaran dari program bulanan
Proses program pelaksanaan BK di SMA Muhammadiyah 2 Jogja menggunakan pola 17+ dimana program tersebut disusun serta dibuat disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Sehingga pelaksanaan BK di SMA Muhammadiyah 2 sesuai dengan program yang telah disusun coordinator BK.
Dalam hal ini agar pelaksanaan program BK dapat berjalan dengan lancar, dari pihak sekolah memberikan dukungan berupa sarana dan prasarana BK di SMA Muhammadiyah 2 Jogja yang sudah tercakupi dan adanya bantuan dari pihak-pihak yang ada di lingkungan SMA Muhammadiyah 2 Jogja dalam pelaksanaan program BK serta dalam menyelesaikan masalah siswa.
Dalam pelaksanaan program BK terkadang mendapati masalah atau kendala dalam pencapaian program BK, adapun kendala itu terkadang muncul dari siswa atau siswi yang bermasalah. Seperti siswa yang tertutup, sehingga dalam penyelesaiannya agak terhambat, sehingga dalam menyelesaikan masalah tersebut coordinator BK serta staf BK menggunakan teknik tertentu dalam pengungkapan masalah. Teknik yang digunakan tergantung dari permasalahan yanga dialami siswa dan bagaimana individual itu sendiri.
SMA Muhammadiyah 2 Jogja bekerjasma dengan pihak-pihak universitas dalam rangka pihak universitas sebagai penyaji materi mengenai informasi yang dibutuhkan oleh siswa.
Di SMA Muhammadiyah 2 Jogja coordinator dan semua staff BK bekerjasama untuk menyelesaikan masalah siswa. Jika guru pembimbing yang memegang penuh tanggung jawab pada siswanya tidak mampu menyelesaikan masalah siswa.
SMA N 3 Surakarta Solo
Di SMA N 3 Surakarta Solo terdapat 2 program pembelajaran yaitu program exclerasi yaitu program belajar 2 tahun, dan program RSBI di SMA N 3 Surakarta Solo terdapat 9 guru BK, 4 guru putra dan 5 putri lulusan dari jurusan S1 BK, ada 1 guru pembimbing yang bukan dari lulusan BK, namun guru tersebut sering mengikuti pelatihan mengenai BK. BK di SMA N 3 Surakarta Solo akan selalu mengacu pada perubahan yang lebih baik, BK di SMA N 3 Surakarta Solo dalam 1 minggu masuk kelas 1x. dalam pemberian layanan ada perbedaan antara kelas axcelerasi dan RSBI. Dalam program Excelerasi pelayanan BK tidak masuk kedalam kelas, namun program RSBI pelayanan BK diberikan di dalam kelas, 1 kelas 1 minggu.
Program BK di SMA N 3 Surakarta Solo yang adalah:
- Program tahunan
- Program semesteran
- Program bulanan
- Program mingguan
Dalam pembentukan program BK, ada study kelayakan dimana program disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Contoh: IMS ketika telah mengetahui masalah-masalah yang dibutuhkan siswa baru membentuk program.
Dalam melaksanakan program BK sering ada kendala itupun sangat bervariasi.
- Dilihat dari keorganisasian BK, banyak guru BK yang mendapat tugas tambahan, sehingga menghambat tugas pokok sebagai guru BK
- Sarana fasilitas yang kurang memadai, sehingga dapat menghambat pelaksanaan BK
- Secara pelaksanannya sangat spesifik, seperti penjadwalan bimbingan kelompok sering mendapat kesulitan
- Hambatan dalam pengentasan juga spesifik seperti orang tua yang tidak dapat diajak kerjasama (komunikasi) dan ada pula siswa yang tertutup sehingga menghambat pengentasan masalah
Dalam hal bekerjasama, semua pihak yang ada di lingkungan sekolah bekerjasama dalam pelaksanaan program Bk demi mencapai tujuan bersama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar