BK Peduli Siswa

BK SAHABAT SISWA

Beternak Kambing Etawa


Pembuatan kandang dan manfaat susu kambing
Ukuran kandang lebih kecil.Ada beberapa perbedaan mendasar pada perawatan kambing perah dan pedaging. Misalnya dari segi penempatan dan kandang. Kambing pedaging memiliki kandang besar dan luas, sehingga memungkinkan mereka bergerak. Sedangkan kandang kambing perah lebih kecil dan sempit. Hal ini tidak lain agar kambing minim gerakan.
Dengan kondisi seperti itu, kambing perah hanya akan melakukan sedikit aktifitas, yaitu makan dan tidur atau bermalas-malasan. Ini penting untuk menjaga kuantitas produk susu yang dihasilkan melimpah.
Untuk pakan, demi meningkatkan kualitas susu yang dihasilkan, kambing perah harus banyak diberikan pakan hijau-hijauan. Lebih baik lagi bila ditambahkan dengan pakan hasil fermentasi. Ini akan membuat senyawa lebih cepat diserap oleh pencernaan kambing.

Konsentrat seperti ampas tahu bisa ditambahkan bila ada. Yang terpenting, jangan berikan kambing jenis perah ini pakan dari jenis biji-bijian. Bila sering dilakukan, hal ini hanya akan memperburuk kondisi kambing dengan meningkatnya lemak.
Dengan tingginya kandungan gizi yang ada dalam susu kambing, peternak juga sudah selayaknya memperhatikan proses pemerahan susu yang baik dan benar. Kualitas susu tidak lepas dari proses. Manfaat susu kambing adalah sumber protein terbaik setelah telur dan hampir setara dengan ASI yang mudah dicerna oleh tubuh. Mengandung asam lemak rantai pendek yang membuatnya lebih cepat diserap tubuh serta klorin yang berfungsi sebagai anti mikroba. Meningkatkan pertumbuhan bayi. Menjaga keseimbangan metabolisme. Membantu pembentukan sel darah dan jaringan tubuh. 

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: