BK Peduli Siswa

BK SAHABAT SISWA

Tips menjalani ujian nasional tanpa stres

Ujian nasional menjadi momok tersendiri bagi pelajar, mereka menganggap sebagai beban yang berat untuk bisa dilalui. Krisis kepercayaan diri menjangkiti para pelajar ini. Terkadang hasil try out yang kurang memuaskan dan cenderung tidak lulus semakin membuat mereka stress. Dalam kesempatan ini saya ingin berbagi untuk anda yang pelajar atau mungkin bisa tips ini disampaikan kepada putra-putrinya yang akan menghadapi UNAS nanti.
            Pada prinsipnya jika pelajar mengalami ketegangan disaat UNAS maka ia tidak bisa mengakses pikiran bawah sadarnya karena pintu sekat antara pikiran sadar dan bawah sadar menjadi tertutup rapat. Pikiran bawah sadar menyimpan apa saja yang telah mereka pelajari. Jika gudang penyimpanan informasi ini terkunci maka ia tidak bisa masuk dan mengambil sesuatu yang dibutuhkan.
            Begitulah gambaran singkat mengenai pikiran. Untuk mengakses apa yang telah tersimpan di memory maka cara paling efektif untuk pelajar adalah bagaimana mereka bisa mengkondisikan dirinya dalam keadaan tenang dan relaks santai saat menjalani ujian. Banyakcara bisa dilakukan termasuk dengan hypnoterapy. Dalam kesempatan ini saya berikan tips saat anda atau putra-putri anda akan menjalani ujian.
Tips sebagai berikut:
1.    Mumpung masih ada waktu, lakukan visualisasi, imajinasi atau gambaran mental mengenal kelulusan sesering mungkin. Munculkan dalam bayangan imajinasi terus menerus lulus yang diharapkan.
2.    Saat besok harus menjalani ujian, maka usahakan bisa tidur dan istirahat yang cukup supaya tubuh dan pikiran bisa dalam kondisi fresh.
3.    Sebelum memasuki ruang ujian, minumlah air putih yang cukup karena otak membutuhkan cairan dan oksigen. Tarik nafas yang dalam 3 sd 5 x dan hembuskan pelan-pelan untuk membuat pikiran menjadi relaks.
4.    Disaat mengalami kebuntuan dalam menjawab soal maka buat pikiran relaks dengan tarik nafas panjang dan dalam hembuskan perlahan, serta gerakan –gerakan otot pergelangan tangan dan kaki untuk membuat santai tubuh dan melepas ketegangan.
5.    Buat senyuman di bibir walaupun dipaksa, akan membantu pikiran menjadi relaks karena disaat ersenyum maka tubuh akan merespon untuk mengeluarkan zat endofin yang bisa membuat tenang.Demikian beberapa tips yang bisa di share untuk anda para pelajar yang akan menghadapi UNAS 2012 ini. Semoga keberhasilan menyertai anda dan putra-putri anda. Salam sukses selalu.

Tidak ada komentar: