BK Peduli Siswa

BK SAHABAT SISWA

UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN PEMANTAPAN PILIHAN KARIR SISWA MELALUI LAYANAN INFORMASI DI SMK NEGERI 1 METRO


OLEH: 
BUDI SUWITO

Jurusan Pendidikan Bimbingan dan Konseling

Abstrak: Penelitian ini dibatasi pada: Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Pemantapan Pilihan Karir Siswa Melalui Layanan Informasi di SMK Negeri 1 Metro kelas XI Akutansi 1SMK Negeri 1 Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013. Rumusan masalahnnya adalah “Apakah melalui layanan informasi dapat meningkatkan pemantapan pilihan Karir siswa kelas XI Akutansi 1 SMK Negeri 1 Metro Tahun Pelajaran 2012/2013, Bagaimana respon siswa kelas XI Akutansi 1 SMK Negeri 1 Metro Tahun Pelajaran 2012/2013. Tujuan yang hendak dicapai oleh peneliti, yaitu ingin Untuk mengetahui apakah pemanfaatan layanan informasi untuk meningkatkan pemantapan pilihan Karir siswa kelas XI Akutansi 1 SMK Negeri 1 Metro Tahun Pelajaran 2012/2013, Untuk mengetahui respon siswa kelas XI Akutansi 1 SMK Negeri 1 Metro terhadap pemberian layanan informasi dalam meningkatkan pemantapan pilihan Karir siswa kelas XI Akutansi 1 SMK Negeri 1 Metro Tahun Pelajaran 2012/2013.
Desain penelitian menggunakan action research yang diterapkan dalam layanan informasi (penelitian tindak layanan). Subjek dalam penelitian ini, peneliti mengambil siswa kelas XI Akutansi 1 SMK Negeri 1 Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013. Dari 29 siswa terdapat 10 siswa yang mengalami kurangnya pemantapan pilihan karir 34,48%. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dengan metode observasi dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif. Uji validitas dilakukan melalui penilaian ahli (pakar) tentang isi instrumen yaitu guru bimbingan konseling di SMK Negeri 1 Metro.
 Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa melalui pelaksanaan layanan informasi dalam meningkatkan pemantapan pilihan karir siswa kelas XI Akutansi 1 SMK Negeri 1 Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013 adalah terlihat dari perubahan sikap dan perilaku siswa yang mengalami pengingkatan pemantapan pilihan Karir siswa yaitu siswa menjadi lebih memahami keadaan dirinya, memiliki pengetahuan tentang dunia Karir, mampu membuat keputusan secara efektif, mampu mengarahkan diri untuk kegiatan-kegiatan yang berguna sesuai dengan keputusan yang diambil. Melalui layanan informasi yang diberikan oleh guru BK dapat meningkatkan pemantapan pilihan Karir siswa kelas XI Akutansi 1 SMK Negeri 1 Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013. Terdapat peningkatan pemantapan pilihan Karir siswa pada siklus I dilihat dari rata-rata presentase yaitu sebesar 27,5% dan pada siklus II sebesar 75%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 47,5%. Respon siswa kelas XI Akutansi 1 SMK Negeri 1 Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013 terhadap layanan informasi dalam meningkatkan pemantapan pilihan Karir sangat positif, hal itu ditunjukkan dengan partisipasi siswa dalam mengikuti layanan informasi, motivasi siswa dan antusiasme dalam mengikuti layanan informasi serta siswa terlihat aktif dalam kegiatan layanan informasi.

Kata Kunci: Upaya Guru Bimbingan dan Konseling, Pemantapan Pilihan Karir, Layanan Informasi

Tidak ada komentar: